Kakanwil Kemenkumham Sulsel Minta Kalapas Mitigasi Risiko Kebakaran

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Minta Kalapas Mitigasi Risiko Kebakaran


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Harun Sulianto, Rabu Siang (8/9) beri pengarahan  Kepada Kepala Lapas, Rutan, Bapas, dan Rupbasan se-Sulsel via daring guna memitigasi risiko terjadinya kebakaran di dalam Lapas/Rutan. 

Menurut Kakanwil Harun Mitigasi Risiko merupakan tindakan terencana dan berkelanjutan agar dapat mencegah,  mengurangi dampak dari suatu kejadian yang berpotensi merugikan atau membahayakan pemilik risiko tersebut. 

Untuk itu, Kakanwil meminta kepada seluruh Kalapas/KaRutan agar,  pertama  melakukan penertiban sambungan listrik ilegal dan barang larangan yang berpotensi menimbulkan kebakaran, kedua lakukan koordinasi dengan PLN dan Asosiasi Kontraktor listrik setempat terkait perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik. 

Ketiga, memasang Miniature Circuit Breaker (MCB) atau Pemutus Sirkuit Miniatur pada tiap blok hunian, sehingga jika ada penggunaan listrik melebihi batas yang ditentukan atau korsleting, hanya listrik di blok hunian tersebut yang  padam. Hal ini memudahkan untuk lakukan pengawasan. 

Keempat, lakukan koordinasi dengan pihak pemadam kebakaran tentang perawatan, pemeliharaan dan penempatan alat pemadam kebakaran serta  penentuan   jalur evakuasi bagi mobil pemadam kebakaran. Kelima, lakukan sosialisasi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan para  petugas  terkait mitigasi risiko tentang kebakaran. Bila memungkinkan dilakukan simulasi. 

Kepala Divisi Pemasyarakatan Edi Kurniadi mengingatkan jajarannya untuk tetap semangat dalam bertugas, memberikan hak WBP secara maksimal sehingga  mereka memenuhi kewajibannya, mematikan listrik yang tidak diperlukan saat pulang kantor dan melaksanakan tugas sesuai aturan. 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan Rahnianto, Kalapas Makassar Hernowo, KaRutan Makassar Sulistiadi dan KaRupbasan Makassar Arifuddin.

Darman/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama