Wagub Riau Untuk Dinas, Batik Rohul Punya Makna Filosofi Pluralisme




Wagub Riau Untuk Dinas,  Batik Rohul Punya Makna Filosofi Pluralisme


PEKANBARU,anekafakta.com

Batik Rokan Hulu (Rohul), menjadi kebanggaan, karena dipakai untuk kegiatan dinas Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Riau  H Edi Natar Nasution

Bahkan orang H Edi Natar Nasution Orang Nomor 2 di Bumi Lancang Kuning, menjadikan Batik Rohul sebagai salah satu oleh-leh untuk tamu-tamunya.


Atas hal tersebut, ketika disampaikan kepada Direktur Utama (Dirut) Perumda Rokan Hulu Jaya (RHJ)  Marjeni, SE, MM, memberikan apresiasi responsif.

"Kami bersyukur dan bangga atas apresiasi dan dukungan penuh Wagubri terhadap Batik Rokan Hulu," sebut Marjeni, SE, MN,  Selasa (28/9/2921)

Lanjutnya,  Batik Rokan Hulu, bukan saja dipakai sebagai pakaian dinas Wagubri,  juga dijadikan sebagai oleh oleh untuk para tamu wagubri yang berkunjung ke Pekanbaru


"Alhamdulillah, Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution memakai ketiga motif Batik Rokan Hulu (Sesuli Banja, Suluo Kekaik dan Sicuriang) sebagai pakaian dinas Wagubri," terangnya lagi.

Menurutnya, hal ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungan penuh beliau maupun Pemerintah terhadap Batik Rohul.

Saat ditanya,  makna filosofis yang terkandung dalam Batik Rohul, Marjeni, SE menjelaskan untuk motif Sicuriang arti Berhitung (Orang Rohul itu penuh perhitungan dalam mengambil keputusan), dalam dunia demokrasi Orang Rohul dalam memilih wakil rakyat atau pemimpin daerah melalui perhitungan suara.

Kemudian, sambungnya, motif  Suluo Kekaik arti Saling terkait, Bokunyik Bosorai (Orang Rohul itu saling bersaudara, menghargai dan bekerjasama untuk kemajuan kampung halaman.

"Sesuli Banja, artinya Bungo ladang beraneka ragam, Negeri Rohul itu pluralisme, hidup beraneka ragam suku bangsa yang menjadi sumber keindahan, kekuatan dan kemajuan Rohul," pungkasnya mengakhiri.

Eva/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama