Inovasi Kreatif Karya Seni Batik, Kado Terindah Buat Masyarakat Di Momen HUT Rohul ke 22 Dari Perumda RHJ

Inovasi Kreatif Karya Seni Batik, Kado Terindah Buat Masyarakat  Di Momen HUT Rohul ke 22 Dari  Perumda RHJ 

ROKAN HULU,anekafakta.com

Di momen strategis dan bersejarah, peringatan  HUT Rohul ke 22 Tahun 2021, Perumda Rokan Hulu Jaya (RHJ) memberikan kado terindah buat masyarakat Rohul.

"Inovasi kreatif tersebut,  dengan kehadiran Batik Rohul, kedepan  diharapkan menjadi Ikon baru Rohul," sebut Direktur Utama (Dirut) Perumda RHJ  Marjeni, SE, MM, Selasa (19/10/2021).

Lanjutnya, terobosan ini, dapat mengobati kerinduan masyarakat yang telah lama mengharapkan hadirnya Batik Rohul.

"Sebagaimana telah lama hadirnya Batik khas daerah di kabupaten kabupaten lain di Riau," ujaranya lagi. 

"Hanya Rohul saja yang belum punya batik. Sejak tahun 2000, bertahun tahun lamanya berbagai pihak telah mencoba dan  berusaha untuk menciptakan batik rohul, namun semuanya belum berhasil," tuturnya.

Marjeni, SE, MM mengisahkan,  barulah pada tahun 2021 tepatnya pada t6 Juli 2021, berhasil dilaunching Batik Rohul sebanyak 3 motif: Sicuriang, Sesuli Banja dan Suluo Kekaik.

"Hadirnya Batik Rohul  ini  merupakan buah kerjasama yang bersejarah antara Dirut Perumda RHJ dengan Maestro Seniman Rohul Junaidi Syam (Jon Kobet), ysng berhasil menciptakan dan memasarkan Batik Rohul," imbuhnya

Kerjasama ini, lanjutnya,  selain mendatangkan manfaat ekonomi sekaligus dapat mengembangkan khazanah budaya Rohul.

Di samping itu Perumda RHJ memberikan wadah dan penghargaan bagi  seniman Rohul untuk  berkarya.

"Sesuai nasihat  orang tua tua kita: "Kalau Indo Awak Siapoleh" yang akan mengembangkan budaya Rohul dan yang akan menghargai seniman Rohul," tuturnya dengan semangat.

Kehadiran Batik Rohul dalam suasana HUT Rohul ini menimbulkan kebanggaan, kebahagiaan serta gengsi tersendiri, bagi masyarakat Rohul yang kini sudah punya batik khas sendiri.

"Tidak lagi merasa malu dan minder seperti yang dirasakan selama ini, terhadap  kabupaten-kabupaten lain yang telah lama punya batik khas daerahnya," cetusnya.

Animo dan sambutan masyarakat, Pemda dan DPRD Rohul terhadap batik rohul ini sungguh luar biasa, sambungnya, Batik Rohul sudah mulai dipakai secara luas  berbagai kalangan antara lain Perbankan, Sekolah, Dinas-Dinas Pemda,  Anggota DPRD dan tak lupa masyarakat luas.

Selain itu, Batik Rohul  yang menjadi kebanggaan masyarakat Rohul, telah pula dipakai sebagai pakaian kerja untuk kegiatan dinas Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Riau  H Edi Natar Nasution.

"Bahkan Bapak H Edi Natar Nasution Orang Nomor 2 di Bumi Lancang Kuning, menjadikan Batik Rohul sebagai Cindera Mata atau oleh-oleh untuk tamu-tamunya yang berkunjung ke Pekanbaru," paparnya lagi.

Demikian pula halnya,  Bupati Rohul H Sukiman dan Wakil Bupati H Indra Gunawan menjadikan Batik Rohul menjadi pakaian kerjanya dalam menjalankan kegiatan dinas beliau.

"Bupati dan Wakil Bupati juga menjadikan Batik Rohul sebagai cindera mata atau oleh-oleh untuk para tamunya yang berkunjung ke Pasir Pengaraian," paparnya.

Marjeni, SE, MM Dirut Perumda RHJ menjelaskan makna filosofis yang terkandung dalam Batik Rohul sbb:
 Motif Sicuriang artinya: Berhitung, Orang Rohul itu penuh perhitungan dalam mengambil keputusan. Dalam dunia demokrasi Orang Rohul dalam memilih wakilnya atau pemimpinnya melalui perhitungan suara.

 Motif  Suluo Kekaik artinya: Saling terkait, Orang Rohul itu saling berkaitan, saling bersaudara, saling menghargai dan saling bekerjasama untuk membangun kampung halaman.

Motif Sesuli Banja artinya: Bunga ladang beraneka ragam, Negeri Rohul itu Pluralisme, hidup beraneka ragam suku bangsa dengan rukun dan damai, hal ini menjadi sumber keindahan, kekuatan dan kemajuan Rohul.




Keterangan Gambar: Bupati Rohul H Sukiman  di dampingi Istri Ibuk Hj Peni Herawati,   Wabup  H Indra Gunawan  beserta Istri Hj Sri Yulita, Amd, Direktur Utama (Dirut) Perumda RHJ, Marjeni SE MM  dan  Direktur Pengembangan Bisnis Perumda RHJ Fitri Ruliani, ST kompak memakai Batik Rohul motif Sicuriang (Dokumen:Perumda RHJ)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama