KODIM 1702/JWY SERAHKAN BANTUAN KANDANG BABI DAN PANEN PERDANA KEDELAI BERSAMA MASYARAKAT DI DISTRIK ASSLOGAIMA

KODIM 1702/JWY SERAHKAN BANTUAN KANDANG BABI DAN PANEN PERDANA KEDELAI BERSAMA MASYARAKAT DI DISTRIK ASSLOGAIMA

Jayawijaya,anekafakta.com

Komando Distrik Militer (Kodim) 1702/JWY memberikan bantuan kandang babi dan menggelar acara panen perdana kedelai bersama masyarakat bertempat di Kampung Araboda, Distrik Assologaima Kab.  Jayawijaya, Jumat (7/10).

Komandan Kodim (Dandim) 1702/JWY Letkol Inf Arif Budi Situmeang, S.IP., M.Tr (Han) mengungkapkan bahwa kegiatan panen perdana kedelai ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah daerah dengan Dinas Pertanian Kab. Jayawijaya, kelompok tani beserta masyarakat sekitar. 

"Perlu diketahui bersama bahwa kedelai merupakan komoditi yang sangat bernilai di wilayah wamena. Harga kedelai saat ini berkisar 17 ribu sampai dengan 20 ribu perkg, harga tersebut lebih mahal 9 ribu dari pada harga di Jayapura. Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tempe maka kebutuhan kedelai di Wamena berkisar 1,2 hingga 1,5 Ton/hari untuk memenuhi kebutuhan pasar. Oleh karenanya dengan menanam kedelai nantinya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Wamena diberkahi Tuhan dengan kesuburan tanahnya, untuk itu kita harus bisa memanfaatkan potensi tersebut," ujar Dandim.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1702/JWY menyerahkan secara simbolis bantuan berupa  kandang babi kepada Saudara Yanus Wantik yang dapat menampung 70 ekor babi. 

"Diharapkan setelah ini Kampung Araboda akan semakin menerapkan pola hidup sehat dengan tidak menempatkan ternak babi tinggal bersama dalam 1 honai. Namun babi dipelihara dalam kandang yang tentu hasilnya akan lebih baik, lebih cepat berkembang. Harga ternak babi ukuran sedang di Wamena berkisar 20-30jt/ekor. Sehingga hal ini juga diharapkan bisa meningkatkan taraf kesejahteraan warga," harap Dandim.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Jayawijaya, Rustam Efendi yang mewakili Bupati Kab. Jayawijaya menyampaikan apresiasi yang mendalam dan ucapan terimakasih kepada Kodim 1702/JWY yang telah membantu memberikan solusi untuk mengatasi kesulitan rakyat.

"Ternyata TNI Bukan Hanya Bertugas menjaga Pertahanan Dan keamanan Negara namun juga turut mengambil bagian dalam menjaga dan meningkatkan taraf hidup serta Kesejahteraan masyarakat. Hasil luar biasa dari panen kedelai dan Penyerahan kandang babi hari ini bukan hanya meningkatkan kesejahteraan, namun lebih dari itu masyarakat akan semakin hidup sehat. Maka Dari itu saya berharap kepada Masyarakat kampung Araboda agar menjadi role model untuk kampung lain di Jayawijaya, sebab keberhasilan panen ini akan didengar di kampung dan distrik lainnya," ujar Rustam.

Ketua Pok Tani Yanus Wantik (40) menyampaikan terima kasih kepada TNI dari Kodim 1702/Jayawijaya khususnya Babinsa. "Kami masyarakat Kampung Araboda mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kodim 1702/Jayawijaya yang telah membantu dan memberi pendampingan selama masa tanam kedelai hingga panen hari ini. Kami juga berterimakasih sudah diberi bantuan kandang dan pendampingan Babinsa Araboda yang mengajar cara beternak babi dengan bersih dan efisien," kata Yanus.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama