Tugas Kesejarahan Imron Fatoni (Staff Khusus Anggota DPR RI)

Tugas Kesejarahan
Imron Fatoni (Staff Khusus Anggota DPR RI)


Dalam ilmu sosilologi, pengertian generasi tak sekadar merepresentasikan kolektivitas atas dasar kesamaan usia, melainkan kesamaan pengalaman, visi, serta panggilan kesejarahan yang membentuk kekuatan perubahan.
 
Sepanjang sejarah berdirinya republik, gerakan perubahan itu selalu diawali oleh kesadaran kolektif generasi muda dalam merespons situasi zaman. Tak ada perubahan tanpa usaha kesengajaan. 

Di mulai dengan berdirinya Budi Utomo pada 1908 yang diketuai oleh Soetomo. Organisasi ini kemudian menjadi pelopor gerakan kebangsaan menyusul berdirinya organisasi-organisasi lain seperti Serekat Islam, Indische Partij, Muhammadiyah, hingga Nahdlatul Ulama. 

Setelahnya, muncul kembali satu moment penting yang hingga saat ini dan seterusnya akan kita kenang sebagai sumpah pemuda 1928. Sebuah episode heroik perjuangan generasi muda atas panggilan kesejarahan. 

Generasi sumpah pemuda secara sadar merespons watak zaman kala itu (kolonialisme dan feodalisme) melalui penciptaan ruang publik, wacana publik, dan pengorganisasian basis massa secara kolektif. 

Momentum ini kemudian berhasil menghimpun sintesis ide, anasir perjuangan, serta mempersatukan sekat agama, kesukuan, dan daerah di atas ikrar yang mengakui tumpah darah satu, bangsa satu, dan menjunjung bahasa persatuan. 

Pendidikan telah melahirkan satu lapis generasi cerdik cendikia yang mulai mempertanyakan situasi zamannya. Generasi baru ini mulai membayangkan bangsa, mulai mempertanyakan haknya yang telah dirampas selama ratusan tahun. 

Generasi baru ini membaca famflet2 ideologi, mulai memikirkan sebuah negeri baru yang merdeka, yang dibangun di atas ideologi "sama rata sama rasa", frasa yang dipopulerkan jurnalis Mas Marco Kartodikromo. 

Namun, tanpa kesadaran kolektif dan usaha kesengajaan, mustahil berbagai gerakan generasi muda bisa menemukan momentumnya. Bahkan hingga detik2 menjelang kemerdekaan 17 Agustus 1945, sejarah mencatat para generasi muda lah yang mendesak Soekarno dan Hatta agar segera memproklamirkan kemerdekaan.

Jauh loncat kedepan, setelah kepemimpinan Sukarno berganti dengan Suharto yang memimpin orde baru selama 32 tahun, sekali lagi generasi muda sebagai anak kandung peradaban republik ini menunjukkan betapa pentingnya eksistensi diri mereka dalam menggerakkan roda sejarah. 

Puncaknya pada Mei 1998, ribuan mahasiswa turun ke jalan, lalu berhasil mengambil alih gedung-gedung pusat pemerintahan. Kepemimpinan tangan besi bernuansa otoriter orde baru tumbang, lalu berganti dengan reformasi yang lebih mengedepankan demokrasi dan menjunjung tinggi hak-hak kemanusiaan dan kebebasan sipil. 

Jalan panjang sejarah republik tak pernah bisa lepas dari gerakan anak muda yang gelisah melihat wajah zamannya. Silih berganti kekuasaan mengajarkan kita bahwa proses regenerasi kepemimpinan itu adalah sebuah keniscayaan. 

Generasi baru akan muncul, mengemban tugas-tugas kesejarahan yang diwariskan generasi sebelum mereka. Dinamika zaman selalu bisa memicu kesadaran kolektif yang berujung pada lahirnya gelombang gerakan perubahan. 

Generasi muda adalah alarm bagi para pemimpin congkak, haus kuasa, serta lebih berpihak kepada kepentingan pemodal dan oligarki ketimbang rakyat kecil. Kelak, waktu akan menjawab. Generasi muda, entah apapun bentuk dan pola gerakannya, akan kembali menunaikan panggilan kesejarahannya. 

Tentu pada setiap zaman, tantangan juga dinamikanya berbeda. Sehingga berbeda pula setiap bentuk gerakan perubahan generasi muda dalam meresponnya. Lahirnya diskursus publik yang sedemikian luas memungkinkan generasi masa kini untuk mengorganisasikan gerakan, menghimpun, serta mendapatkan dukungan massa dengan cara baru dan modern.

Tugas kesejarahan masih panjang.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama