Apel Gelar Kesiapan Latihan Kesiapsiagaan Operasi Pengamanan VVIP TNI AL TA 2021

Apel Gelar Kesiapan Latihan Kesiapsiagaan Operasi Pengamanan VVIP TNI AL TA 2021


Kaskoarmada l Laksma TNI Eko Jokowiyono, S.E.,M.Si mewakili Pangkoarmada I selaku penerima apel memimpin pelaksanaan apel gelar kesiapan Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) TNI AL di Dermaga JICT2 Tanjung Priok.

Tujuan Latihan adalah untuk menguji kesiapsiagaan Kotama Operasional TNI AL, Koarmada I dalam melaksanakan Operasi Pengamanan VVIP sebagai bagian dari operasi militer selain perang. 

Dalam amanat Pangkoarmada l selaku dirlat yang dibacakan Kaskoarmada I menyampaikan bahwa melalui latihan ini, menjadi tolok ukur pembinaan personel dan material di Koarmada I.
"Persiapan personil dan material dalam manuver lapangan, ini penting untuk memberi keyakinan kepada saya bahwa latihan ini dapat berjalan aman dan lancar, " ujarnya.

Pangkoarmada I menambahkan bahwa latihan ini untuk menguji kemampuan personil dan alutsista Koarmada I dalam melaksanakan penanganan VVIP, terujinya kemampuan gelar sistem komando, kendali, komunikasi, komputerisasi, informasi pengamatan dan pengintaian. Dan terujinya doktrin prosedur dan mekanisme pengamanan VVIP yang telah disinergikan dengan protap satuan atau instansi lembaga terkait

Menurutnya , Guna tercapainya sasaran latihan maka akan diujikan beberapa materi latihan meliputi teknik evakuasi laut, pengamanan rute laut, pelaksanaan penindakan terhadap ancaman, sterilisasi rute laut yang akan dilewati VVIP, serta mengatasi kerusakan kendaraaan VVIP saat konvoi.

Latihan Kesiapsiagaan Operasional Pengamanan VVIP telah berlangsung sejak tanggal 11 sd 23 November 2021 yang dibagi dalam dua tahap Latihan Posko (Latposko) dan Manuver Lapangan (Manlap). Apel gelar pasukan ini merupakan fase awal sebelum manlap di perairan Teluk Jakarta.

Latihan ini melibatkan Ratusan Prajurit TNI AL termasuk Pasukan Khusus TNI AL dan alutsista Terdiri dari KRI, KAL, SeaRider dan Heli TNI AL.

Eva/Red

Dispen Koarmada l

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama