Panglima Kolinlamil Hadiri Pengarahan Panglima TNI di Mabesal

Panglima Kolinlamil Hadiri Pengarahan Panglima TNI di Mabesal

Jakarta,anekafakta.com 

Satya Wira Jala Dharma. Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Erwin S Aldedharma menghadiri pengarahan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yang menyambangi Markas Besar Angkatan laut (Mabesal), Senin (22/11). 

Panglima Kolinlamil bersama para Panglima kotama TNI AL lainnya  memdampingi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., beserta pejabat utama Mabesal.

Kedatangan Jenderal Andika yang tiba di Mabesal pada pukul 08.50 WIB disambut valreef dan jajar kehormatan Prajurit TNI AL.

Panglima TNI kepada para wartawan menjelaskan bahwa maksud kedatangannya di Mabesal adalah untuk mendapatkan penjelasan tentang kondisi TNI AL. "Jadi fokus saya ke Mabesal adalah ingin dijelaskan oleh Kepala Staf Angkatan Laut,  karena beliau paling menguasai Angkatan Laut, jadi saya ingin mendapat penjelasan langsung dari pimpinan Angkatan laut tentang semuanya " ujar Jenderal TNI Andika Perkasa.

Seusai foto bersama Panglima TNI dan Kasal menaiki golf car bersama menuju ke ruang pertemuan untuk memberikan arahan kepada prajurit TNI AL. Sepanjang perjalanan menuju ke gedung pertemuan, prajurit TNI AL menyambut dengan semangat kepada pemimpin TNI ini dengan terus menerus meneriakkan  yel-yel dengan penuh semangat. Semangat yel-yel ini menunjukkan wujud ekspresi loyalitas penuh prajurit TNI AL kepada pemimpin TNI dan siap mendukung program-program yang dijalankan. Loyalitas prajurit TNI AL ini terpatri didalam jiwa sesuai dasar pedoman Trisila TNI AL yakni Disipiln, Hierarki dan Kehormatan Militer, selain dasar lainya  Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

Pada kesempatan itu, Kasal mewakili keluarga besar TNI AL menyampaikan ucapan selamat atas pengangkatan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI sekaligus menyampaikan ucapan selamat datang dan ucapan terimakasih atas kunjungannya ke Mabes TNI AL.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan laporan kepada Panglima TNI tentang tugas TNI AL sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia pada Pasal 9 yakni melaksanakan tugas Matra Laut di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah laut Yurisdiksi Nasional sesuai hukum nasional dan internasional, melaksanakan diplomasi Angkatan Laut untuk mendukung kebijakan politik luar negeri, serta melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan Matra Laut maupun pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Kasal menambahkan lima tugas merupakan pedoman dalam melaksanakan tugas-tugas. Guna melaksanakan tugas tersebut TNI AL menyusun struktur organisasi seperti dalam kelembagaan yaitu bedasarkan Perpres No 66 tahun 2019 dan Perpang TNI No 49 tahun 2019. Dalam TNI AL telah dilaksanakan beberapa validasi organisasi diantaranya pembentukkan Skomlekal, Puskopaska, Disjarahal, Disbintalal, dan menaikan pangkat Dankodiklatal serta Danpushidrosal dari Pati bintang 2 meniadi Pati bintang 3 yang dilaksanakan pada tahun 2021.

Seusai laporan Kasal dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab Panglima TNI dengan jajaran TNI AL mengenai isu-isu terkini yang sempat mengemuka dan menjadi pembahasan di beberapa media serta menjadi konsumsi publik.

Selesai memberikan pengarah kepada seluruh jajaran TNI AL baik secara tatap langsung di Mabesal dan melalui video conference (vicon) Panglima TNI melanjutkan kunjungannya menuju Mabesau. 

Eva/Red

(Dispen Kolinlamil)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama