RANGKAIAN KEGIATAN PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2021 DI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN BERLANGSUNG KHIDMAT


RANGKAIAN KEGIATAN PERINGATAN HARI PAHLAWAN  TAHUN 2021 DI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN BERLANGSUNG KHIDMAT


Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2021, telah berlangsung rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 yang berlokasi di Lapangan Alun-alun Trikora Serui, Taman Makam Pahlawan Serui dan di Pelabuhan Serui, Kab. Kepulauan Yapen, Rabu (10/11/2021).

Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang dipimpin langsung oleh Frans Sanadi, B. Sc, S.Sos, M.Ba, dalam amanatnya mengatakan, "Hari pahlawan tidak hanya sekedar diperingati setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan NKRI perlu terus dikenang sepanjang masa, hari pahlawan ditahun 2021 ini bertemakan "Pahlawanku Inspirasiku", apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka, kalau dulu para pahlawan berjuang dengan mengangkat senjata sekarang kita berjuang untuk kemajuan bangsa ini dan melawan pandemi covid 19 yang saat ini sedang melanda dunia".

"Peringatan Hari Pahlawan kali ini diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna, namun dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran bangsa untuk bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, saling membantu dan gotong royong juga perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat indonesia", sambungnya.

"Semangat kepahlawanan yang terus menyala dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini yakni, bila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka kita akan bisa menyelesaikan berbagai masalah ini, dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki jiwa menolong sesama, saling menghargai dan saling menghormati satu sama yang lainnya, Saudara-saudara yang berbahagia, saya juga menghimbau kepada seluruh elemen dan lapisan masyarakat untuk bersama-sama kita menghargai jasa para pahlawan dengan melanjutkan perjuangan mereka untuk tetap bersatu mengisi kemerdekaan dengan membangun negeri ini, terlebih khusus di Kabupaten Kepulauan Yapen menuju masyarakat yang semakin nyaman semakin maju dan semakin sejahtera jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela berkorban jiwa dan raganya demi bumi Pertiwi ini", tutupnya.

Usai kegiatan upacara,  dilanjutkan  dengan kegiatan Ziarah Nasional di Taman Makan Pahlawan (TMP) Newi Serui yang dipimpin oleh Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H Dandim 1708/Yawa yang diteruskan dengan peletakan karangan bunga dan penaburan bunga dimakam para pahlawan, serta diakhiri dengan penaburan bunga di Pelabuhan Serui, yang ditujukan untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang gugur di lautan dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia.

Seluruh rangkaian kegiatan turut dihadiri oleh,
AKBP Ferdyan Indra Fahmi Kapolres Kep. Yapen, Marcelo Bella, SH.MH Kajari Serui, Yohanis G. Raubaba Ketua DPRD Yapen, Mayor Inf Agus H. Widagdo Kakanminvetcad VXII-05 Serui, Jastin Simanjuntak Wakil Ketua I DPRD Yapen, Fridolin Warkawani Wakil ketua 2 DPRD Yapen, Ir. Nurhadi Alhuri, M.Si Kepala Dinas Perhubungan, Ir. Wahyudi Irianto Asisten 3 Setda Bagian Umum Kab. Kep. Yapen, Kapten Inf Albertus Ansanai Wadanramil 1709-01/Yapsel, Kapten Inf Marcelus Warobai Danramil 1709-02/Yaptim dan Letda laut Hari Setyawan Danposal Serui.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama