UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 “Dari Indonesia Untuk Dunia “



UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 "Dari Indonesia Untuk Dunia "


Jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BRI ke-126, BRI  menyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus menjadi perhatian utama BRI sebagai bank terbesar di Indonesia.

Acara ini berlangsung pada  tanggal 9-16 Desember 2021 dan  mengusung tema "Dari Indonesia untuk Dunia". Adapun peserta yang berpartisipasi mencapai 500 UMKM yang telah terpilih melalui serangkaian proses kurasi.

Potensi ekonomi dari UMKM yang begitu besar telah memberikan peluang untuk menembus pasar
internasional. Selain itu, sebagai industri yang menjadi salah satu penyokong penting ekonomi
Indonesia, UMKM juga mampu menyerap tenaga kerja yang besar.
Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, BRI terus mempersiapkan journey nasabah UMKM untuk naik kelas. Salah satu strategi yang dilakukan adalah mendorong nasabah UMKM menembus pasar ekspor melalui event UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.

"BRI sebagai bank yang fokus kepada bisnis UMKM, secara konsisten melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan UMKM. Semoga event ini dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif pada kemajuan dan pengembangan kapasitas UMKM Indonesia. Pada akhirnya, hal ini akan berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional," ujar Sunarso, Direktur Utama BRI dalam sambutan opening Ceremony  secara virtual pada Kamis (09/12).

Sementara itu  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam
sambutannya secara virtual juga mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan event ini. Dengan membeli dan menggunakan produk UMKM indonesia, menjadi bukti atas kecintaan terhadap produk indonesia

"Setelah gencar digitalisasi UMKM, saatnya pelaku usaha meningkatkan ke pasar internasional. UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 menjadi peluang emas untuk menangkap peluang tersebut. Selamat dan sukses untuk BRI sebagai bank yang terus memainkan peran terbaik dalam membesarkan UMKM Indonesia," ucap Luhut.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir juga mendorong masyarakat untuk terus bangga memakai produk asal Indonesia. UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 sendiri dinilai penting sebagai momentum UMKM untuk survive dan menjawab tantangan dalam pemulihan ekonomi

"UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 bertujuan meningkatkan kualitas UMKM agar naik kelas baik secara mindset maupun omzet. Ayo kita menyalakan harapan dan menggerakkan ekonomi Indonesia dengan menggunakan produk lokal Indonesia," ungkapnya.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki  mengapresiasi BRI sebagai bank yang senantiasa konsisten mendampingi UMKM, baik dari sisi pembiayaan maupun pelatihan.
"Semoga UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi
nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Selama situasi pandemi, BRI terus berupaya menyelamatkan UMKM melalui restrukturisasi kredit.
Total restrukturisasi kredit mencapai Rp241 triliun kepada lebih dari 2,9 juta nasabah yang mayoritas adalah UMKM. Sampai Oktober 2021, outstanding kredit direstrukturisasi BRI juga sudah menurun menjadi Rp163 triliun untuk 2,2 juta nasabah. Adapun untuk penyaluran kredit BRI hingga September 2021, nilainya mencapai Rp749,3 triliun atau setara 80,5% dari total Kredit BRI yang sebesar Rp877,6 triliun.

Dalam acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, BRI telah mengundang buyer internasional dari 30 negara yang akan dipertemukan dalam business matching. Kedua belah pihak dapat bernegosiasi dan melakukan penawaran produk UMKM nasabah binaan BRI.

Untuk menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan, masyarakat dapat mengakses website www.brilianpreneur.com.

Kim/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama