Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Tinjau Miniatur Tol Air Solusi Tangani Banjir, Yang Di Gagas Sudirman Indra.



Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Tinjau Miniatur Tol Air Solusi Tangani Banjir, Yang Di Gagas Sudirman Indra.

Tangerang,anekafakta.com

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengunjungi pembangunan miniatur Tol Air di bawah sungai yang di gagas Sudirman Indra di Harapan Sentosa Jalan Raya Cikuya 14 RT 001/01, Tangerang, Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (15/01/2022). 

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, nampak begitu antusias menyimak pemaparan dari penggagas Tol Air, Sudirman Indra.  Menurut Sudirman, bahwa ide pembangunan Tol Air dibawah sungai karena rasa terpanggil untuk memberikan solusi bagi DKI Jakarta yang setiap tahun selalu dipersoalkan dengan banjir.

Dijelaskan Sudirman, salah satu permasalahan banjir di DKI Jakarta bersumber dari kiriman  air dari Bogor yang mengalir ke Laut Jawa melewati Jakarta. Ketika air tersebut sampai di Jakarta, timbulah banjir yang biasanya terpusat di kawasan sekitar sungai Ciliwung.
 
Menurut Sudirman, konsep pembangunan Tol Air sederhana saja. Pipa dengan diameter 10M di pasang (ditanam) di bawah sungai disepanjang alur sungai dari Katulampa Bogor hingga laut Jakarta  sejauh 50 KM dan tidak diperlukan pembebasan lahan.

Di saat hujan deras dan berdampak banjir, maka secara otomatis katup di pipa Tol Air di hulu akan terbuka dan air masuk kedalam pipa. Air banjir melalui pipa Tol Air  ini bergerak lebih  cepat dibandingkan dengan aliran diatas permukaan tanah. Dengan demikian, aliran bah diatas permukaan tanah dapat diminimalisir.

Kemudian, kata Sudirman, saat hujan  sudah reda katup Tol Air secara otomatis akan tertutup lagi baik yang di hulu maupun di laut Jakarta. Di dalam pipa Tol Air ini tersimpan cadangan air sebanyak 4 juta meter kubik  dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bahan baku PDAM DKI Jakarta dan kebutuhan lainya.

Dijelaskan Sudirman Indra, ide atau gagasan penemuan pembangunan Tol Air ini dapat dibuktikan secara ilmiah dan  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sangat mendukung. Bahkan, kami juga pernah mendapatkan kunjungan dari Belanda. Selain itu, pernah dipresentasikan dihadapan Gubernur DKI Jakarta sebagai salah satu solusi untuk mengurangi bencana banjir.

"Saya berharap Pak Zaki Iskandar, Bupati Tangerang, yang juga Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, dapat menyampaikan gagasan pembangunan Tol Air ini untuk bisa direalisasikan oleh Pemerintah DKI Jakarta  bersama Pemerintah Pusat dalam upaya penanggulangan banjir di DKI,"kata Sudirman Indra.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, sangat mengapresiasi gagasan untuk membangun Tol Air ini dalam upaya mengurangi banjir di DKI Jakarta. Konsep ini harus dipaparkan juga ditingkat kementerian.

"Saya sangat bangga ada warga Solear, Kabupaten Tangerang, jauh-jauh sudah memikirkan bagaimana solusi mengurangi banjir di DKI Jakarta. Ini luar biasa dan perlu didukung semua pihak,"kata Bupati.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama