Kolinlamil Siapkan Renlibat Kontijensi Tahun 2023



Kolinlamil Siapkan Renlibat Kontijensi Tahun 2023
 

Kontijensi merupakan suatu kondisi, situasi atau peristiwa yang dapat menyebabkan kerawanan sehingga menimbulkan krisis yang mempengaruhi terhadap tata kehidupan atau tata hubungan masyarakat yang terdiri atas ancaman bersenjata dan ancaman non militer.

"Kontijensi harus diantisipasi dengan melibatkan seluruh Kotama operasi TNI sesuai dengan perintah Panglima TNI mengingat hal tersebut sangat mungkin terjadi di masa depan. Ancamannya bisa bersenjata ataupun ancaman non militer." ujar Panglima Kolinlamil saat menyampaikan arahannya kepada jajaran Komando Lintas Laut Militer dalam rapat kelompok kerja penyusunan rencana pelibatan Kolinlamil dalam mengatasi Kontinjensi tahun 2023 yang berlangsung di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Dalam rapat yang dihadiri seluruh pejabat utama Kolinlamil dan para perwira dengan agenda penyampaian Rencana Garis Besar penyusunan renlibat Kolinlamil dalam menghadapi Kontijensi tahun 2023 oleh Asops Pangkolinlamil selaku ketua kelompok kerja dan   penyampaian petunjuk perencanaan (Jukcan) dari Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma pada penyusunan rencana pelibatan Kolinlamil dalam mengatasi kontijensi tahun 2023.

Rencana pelibatan merupakan sebuah dokumen pendukung yang disusun oleh kotama operasi TNI terpusat sebagai pedoman pelibatan atau perbantuan satuannya kepada kekuatan kewilayahan dan merupakan bagian sub lampiran rencana operasi (RO). Selain juga sub lampiran rencana pelibatan pada dokumen rencana tindakan kontijensi yang disusun kotamaops TNI kewilayahan.

Panglima Kolinlamil menekankan perlunya kerjasama dan koordinasi dengan satuan/instansi lain dalam menyusun renlibat kontijensi ini, agar menghasilkan rencana pelibatan Kolinlamil dalam menghadapi kontijensi tahun 2023 yang komprehensif, terencana, selaras, konsisten, terpadu dan dapat dioperasionalkan dalam mengatasi kontijensi sesuai dengan permintaan dari Kotamaops TNI sebagai kekuatan kewilayahan meliputi Kogabwilhan I, II dan III.

Dalam kesempatan tersebut, Pangkolinlamil juga menyampaikan rencana pelibatan unsur-unsur Kolinlamil dalam mendukung berbagai Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Sesuai dengan fungsi dan tugasnya, Kolinlamil melaksanakan pergeseran kekuatan militer baik pasukan maupun logistik melalui laut di seluruh perairan Indonesia.

Saat ini Kolinlamil memiliki Kapal/KRI dari berbagai jenis, antara lain: Angkut Tank (AT), Bantu Umum (BU), Bantu Angkut Personel (BAP) dan jenis Landing Platform Dock (LPD) untuk mendukung berbagai operasi sesuai dengan perintah Panglima TNI. 


(Dispen Kolinlamil)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama