Danpusintelad Brigjen TNI Asep Abdurachman Pimpin Upacara PDTH terhadap Dua Personelnya

Danpusintelad Brigjen TNI Asep Abdurachman Pimpin Upacara PDTH terhadap Dua Personelnya

Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat (Pusintelad) melaksanakan upacara 'Pemberhentian Dengan Tidak Hormat' (PDTH) terhadap dua personelnya, Selasa (22/3/22). Upacara PDTH dipimpin langsung Danpusintelad Brigjen TNI Asep Abdurachman, S.E., M.M.

Kedua anggota Bintara Pusintelad tersebut dipecat karena telah melakukan tindak pidana Desersi. Adapun data dari kedua personel TNI AD tersebut adalah sebagai berikut:

1. Serda Sandi Julian NRP 2116005634796, TTL: Bogor, 13 Juli 1996, Islam, Alamat: Blok Masjid RT 03 RW 06 Kel. Naggewer Kec. Cibinong Kab. Bogor.
2. Serda Ibrahim Zarman NRP 21170275460397, TTL: Pekanbaru, 24 Maret 1997, Islam, Alamat: Jl. Tengku B Perum. Peputra Jaya Blok 1 No. 100 Kec. Bukit Raya Pekanbaru.

Dimana Serda Sandi Julian melakukan desersi mulai tanggal 7 November 2018 s.d. saat ini, sedangkan Serda Ibrahim Zarman melakukan desersi mulai tanggal 29 Maret 2021 kemudian pada tanggal 22 Agustus 2021 tertangkap oleh personel Pomdam I/BB di rumah orang tuanya yang beralamat di Jl. Tengku B Perum. Peputra Jaya Blok 1 No. 100 Kec. Bukit Raya Pekanbaru. 

Dari hasil sidang Pengadilan Militer II-08 Jakarta, Serda Sandi Julian dijatuhi hukuman pidana pokok penjara selama 10 bulan dan pidana tambahan dipecat dari Dinas Militer sesuai dengan Petikan Putusan Pengadilan Militer II-08 Jakarta Nomor: 144-K/PM II-08/AD/IV/2019 tanggal 26 Agustus 2019, sedangkan Serda Ibrahim Zarman dijatuhi hukuman pidana pokok penjara selama 7 bulan dan pidana tambahan dipecat dari Dinas Militer sesuai dengan Petikan Putusan Pengadilan Militer II-08 Jakarta Nomor: 43-K/PM II-08/AD/I/2022 tanggal 2 Februari 2022. 

Pada saat pelaksanaan upacara PDTH, Serda Sandi Julian tidak hadir karena sampai dengan saat ini Serda Sandi Julian belum tertangkap dan belum menjalani hukuman. 

Dalam amanatnya, Danpusitelad Brigjen TNI Asep Abdurachman, S.E., M.M., menyampaikan bahwa, "Pemberhentian dengan tidak hormat (PDTH) merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh pimpinan Angkatan Darat sebagai komitmen dalam rangka menegakkan aturan di lingkungan TNI Angkatan Darat."

Danpusitelad menambahkan, hal tersebut agar menimbulkan efek jera kepada personel yang bersangkutan  dan sebagai pembelajaran kepada prajurit lainnya. 

"Hidup itu adalah pilihan dan semua pilihan pasti ada konsekuensinya, oleh karena itu ketika kita sudah memilih jalan hidup sebagai prajurit maka harus patuh pada semua aturan yang berlaku di lingkungan Angkatan Darat dan jangan ceroboh dalam melakukan tindakan  serta mengambil keputusan sepintas yang akan berbuah penyesalan dikemudian hari," pungkasnya. (Bagpam Pusintelad)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama