Bandeng Jumbo Khofifah


Bandeng Jumbo Khofifah



Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tak kuasa menahan tawaran pedagang bandeng kawak (bandeng besar) di arena Pasar Bandeng di jalan Samanhudi, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jumat Sore (29/4/2022).


Alhasil orang nomor satu di Pemprov Jatim itu langsung memborong bandeng kawak di beberapa stand pedagang. Salah satunya seberat 7 kilogram lebih.


Bandeng jumbo itu dibeli dari seorang pedagang bernama Mudlofar asal Pulau Mengare, Desa Watuagung, Kecamatan Bungah. Selain bandeng, Khofifah juga membeli kepiting.


Khofifah mengatakan, pasar bandeng ini merupakan kekuatan ekonomi lokal sesuai kultur masyarakat Gresik. Oleh sebab itu perikanan di Gresik harus tetap dilestarikan.


Karena, ikan Bandeng menjadi kekuatan perikanan di Gresik. Pihaknya berharap, kedepan format pasar bandeng harus lebih ditingkatkan lagi.


"Mungkin warga yang tidak pernah lihat bandeng besar bisa datang kesini (pasar bandeng, Red)," ujarnya.


Sehingga yang mudik ke Gresik bisa ikut merasakan pasar bandeng yang hanya satu tahun sekali ini. 


"Saya melihat Bandeng Gresik ini sangat besar, legend pokoknya," ujar Khofifah.


Rencananya, bandeng yang sudah dibeli akan dimasak bareng-bareng bersama semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim.


"Nanti malam akan kami buat sahur bersama-sama kepala OPD. Kami akan masak bandeng berbasis bandeng Gresik," pungkasnya.


Sumber    : N. Salamah Isyam
Editor           : Reva Marliana

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama