Rutan Ternate Tindak Lanjuti Dugaan Kekerasan Pada Tahanan

Rutan Ternate Tindak Lanjuti Dugaan Kekerasan Pada Tahanan


Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Ternate (Rutan Ternate), Sujatmiko, tegaskan pihaknya akan terus dalami dan bekerja sama dalam pengungkapan dugaan kekerasan pada tahanan titipan kejaksaan berinisial S seperti yang diberitakan tandaseru.com pada Sabtu, (6/8). 

Dalam situs tersebut diberitakan bahwa salah seorang keluarga tahanan menemukan luka-luka di bagian tangan tahanan saat menjenguk tahanan tersebut. Saat mendapatkan laporan, Sujatmiko langsung memerintahkan untuk dilakukan pemeriksaan kepada tahanan yang ada.

"Kami segera lakukan pemeriksaan kepada tahanan namun tidak ada yang menyatakan mendapatkan kekerasan, termasuk S. Hingga kemudian petugas Polsek Pulau Ternate melakukan pemeriksaan atas laporan dugaan kekerasan pada tahanan S dan kami sangat terbuka untuk bekerja sama," kata Sujatmiko, Minggu (7/8).

Menurutnya dari pemeriksaan tersebut ditemukan bekas luka ringan di bagian pangkal tangan kanan dan tulang kering kaki kanan dan kiri. Setelah berkoordinasi dengan keluarga, pengacara, pihak kepolisian dan Kejaksaan Negeri Ternate, segera dilakukan visum terhadap S dengan pengawalan langsung oleh Kepala Pengamanan Rutan dan petugas Rutan Ternate. 

"Saat ini tahanan tersebut dalam keadaan sehat dan yang bersangkutan menghendaki penyelesaian secara kekeluargaan. Namun pada prinsipnya kami sangat terbuka terhadap pengaduan masyarakat dan tidak memberikan toleransi atas segala bentuk kekerasan di Rutan Ternate," tegas Sujatmiko.

Pihaknya juga langsung memberikan pengarahan kepada seluruh petugas Rutan Ternate, khususnya petugas pengamanan, dan berkoordinasi dengan keluarga dan pihak terkait dalam penyelesaian atas dugaan kasus kekerasan kepada tahanan S oleh petugas.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama