Peringati Hari Tuberkulosis Sedunia, Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Adakan Screening TBC bagi Warga Binaan



Peringati Hari Tuberkulosis Sedunia, Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Adakan Screening TBC bagi Warga Binaan

ANEKAFAKTA.COM,Palangkaraya

Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia, Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Palangkaraya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya, Puskesmas Kayon Kota Palangkaraya, dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) mengadakan screening tuberkulosis (TBC) bagi 100 (seratus) orang warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas IIA Palangka Raya. (21/03/2023).


Bertempat di Ruang Kunjungan Rutan Palangka Raya, Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Ma’ruf Prasetyo Hadianto mengatakan bahwa kegiatan screening TBC ini dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran penyakit TBC di dalam Rutan. "Kita sangat memperhatikan kesehatan para warga binaan disini, terutama di masa pandemi ini. Oleh karena itu, kita bekerja sama dengan instansi terkait untuk melakukan screening TBC secara massal," ujarnya.

 
Kegiatan screening TBC yang dimulai pada pukul 08.30 WIB tersebut, tampak warga binaan Rutan Kelas IIA Palangka Raya menjalani pemeriksaan dahak secara gratis. Pemeriksaan tersebut dilakukan oleh tim medis yang terdiri dari dokter dan perawat dari Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya dan Puskesmas Kayon Kota Palangkaraya. 
Ma’ruf juga menambahkan bahwa Rutan Kelas IIA Palangka Raya akan terus melakukan berbagai upaya dalam menjaga kesehatan para warga binaannya. "Kita akan terus bekerja sama dengan instansi terkait untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan para warga binaan kita," tandasnya.


Dalam wawancara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya, Andjar Hari Purnomo menyambut baik kegiatan screening TBC yang dilakukan di Rutan Kelas IIA Palangka Raya. "Kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, karena ini merupakan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit TBC di dalam Rutan," ujarnya. 


Andjar juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan memperhatikan tanda-tanda penyakit TBC, seperti batuk yang berlangsung lama, demam, berkeringat di malam hari, dan penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya. "Jika ada gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat," pungkasnya.

Red/anekafakta.com

HASTAG : 
#kanwilkumhamkalteng
#hendraekaputra
#rutanpalangkaraya
#marufprasetyohadianto

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama