Kesultanan Inderapura Minangkabau Simpan Ranji Nasab Silsilah Terpanjang se Dunia


Kesultanan Inderapura Minangkabau Simpan Ranji Nasab Silsilah Terpanjang se Dunia


Ranji Nasab Silsilah Terpanjang se Dunia yang dikenal dengan Ranji Melayu Tinggi Inderapura, manuskrip berupa  gulungan kertas berukuran 507x 52,7 cm masih tersimpan dengan apik di Kesultanan Inderapura Minangkabau.

Dalam manuskrip tersebut berisi uraian Silsilah keturunan raja-raja dan Sultan Inderapura yang terletak di kabupaten pesisir Selatan provinsi Sumatera Barat.

Manuskrip tersebut disimpan dalam sebuah tabung yang terbuat dari seng-olatberwarna coklat tua dengan ukuran panjang 65 cm dan diameter 10 cm. Dalam manuskrip tersebut ada tulisan aksara Arab dan Arab Melayu dengan hiasan garis-garis tebal bercabang-cabang sampai keujungnya yang berbentuk lingkaran dengan tinta warna merah, hitam,biru dan hijau.

"Ada sebabnya 203 buah lingkaran yang terdapat dalam manuskrip tersebut,serta tujuh cap stempel di beberapa tempat sepanjang naskah,"Ujar Sultan Inderapura Minangkabau Sutan Rusdal F SH.

Menurut Sutan Rusdal F SH, dalam Ranji Nasab Silsilah tersebut memuat para leluhur para pemimpin Bangsa Indonesia. Mulai dari Ibu Megawati Soekarnoputri Presiden RI ke 5, Bapak SBY Presiden RI ke 6, KH Makruf Amin Wakil Presiden ke 13, Bapak Ganjar Pranowo Capres RI, dan Bapak Jokowi Presiden ke 7. 

Bila kita lihat dengan seksama, semua pemimpin Bangsa Indonesia adalah bersaudara dan memiliki tautan silsilah yang saling menyambung. Yaitu silsilah besar Nusantara.

Jadi bila kita pelajari lebih lanjut lagi, kalau di Jawa ada Walisongo yang bertugas mengajarkan Islam kepada warga masyarakat sehingga menerima Islam sebagai pandangan dan sikap hidup. Di Sumatra ada yang namanya Sultan Salapan yaitu Sembilan Sultan yang memiliki tanggung jawab mensyiarkan Islam di seluruh wilayah kekuasaannya. 

Sekarang kita bisa merasakan hasil dari dakwah para leluhur kita yaitu Islam menjadi ajaran yang menjadi pegangan hidup bagi rakyat Nusantara yang sekarang bernama Republik Indonesia.

Kita wajib bersyukur apa yang sudah dilakukan oleh para leluhur kita bisa kita nikmati dengan aman damai dan membuat kita bisa membangun bangsa dengan tenang.

Di bawah Kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi kita bisa melihat dan merasakan langsung pembangunan bangsa yang luar biasa. Tentu saja kita ingin pembangunan ini berkelanjutan agar terwujudnya Indonesia yang kita cita-citakan bersama. Negeri yang aman makmur sentosa bagi segenap rakyat Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan oleh Sultan Inayatsyah Daulat Yang Dipertuan Inderapura Minangkabau Sutan Rusdal F SH kepada anekafakta.com, Minggu (14/05/2023) setelah diterima oleh Bapak Wakil Presiden KH Makruf Amin di Istana Wakil Presiden di Jakarta.

Ket Foto:

Ranji Silsilah Nasab Kesultanan Inderapura Minangkabau diperlihatkan kepada Wakil Presiden KH Makruf Amin di Istana Wakil Presiden di Jakarta


TB.Solehhudin/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama