Optimalkan Mitigasi Risiko, Pegawai Rutan Pinrang Ikuti Penguatan Tusi Pemasyarakatan

Optimalkan Mitigasi Risiko, Pegawai Rutan Pinrang Ikuti Penguatan Tusi Pemasyarakatan


PINRANG,Anekafakta.com

Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang Kanwil Kemenkumham Sulsel ikuti penguatan Tugas dan Fungsi (Tusi) Petugas Pemasyarakatan yang bertempat di Aula Rutan Pinrang, Selasa (30/1).

Kegiatan berlangsung pada Pukul 10.30 Wita hingga selesai yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi dan Pengelolan Basan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Surianto.




Kabid Yantah Rehab Basan, Surianto mengatakan, pentingnya melakukan identifikasi risiko yang ada di Rutan/ Lapas agar tercipta situasi yang aman dan kondusif.

"Risiko yang sudah diidentifikasi harus dilakukan mitigasi risiko terhadap setiap risiko yang pasti terjadi di Rutan/Lapas, selain itu melaksanakan tugas sesuai SOP yang telah ditetapkan, namun, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, rekan petugas akan tetap aman karena menjalankan tugas sudah sesuai SOP," terang Surianto.




Lebih lanjut, Surianto, Kabid Yantah Rehab Basan, juga menghimbau agar setiap pegawai dapat membangun komunikasi yang baik antarpetugas, baik dari bawahan ke pimpinan ataupun pimpinan ke bawahan. 

"Komunikasi itu harus dibangun, bukan hanya sesama pegawai tetapi juga membangun komunikasi yang baik dengan stakelholder terkait dan Aparat Penegak Hukum (APH) lainnya" ungkapnya.

Terakhir, Surianto menambahkan, setiap tugas dilaksanakan berdasarkan pada prinsip 3 Kunci + 1 keberhasilan Pemasyarakatan Maju yaitu deteksi dini, berantas narkoba dan sinergi dengan APH serta Back to basic.

Sementara itu, Kepala Rutan Pinrang, Sahril Efendi DM, menyampaikan terima kasih kepada Kabid Yantah Rehab dan Basan atas arahan dan penguatan yang disampaikan kepada jajarannya.

"Terima kasih pak Kabid atas arahannya, mudah-mudahan hal-hal yang disampaikan ini dapat dipahami, diresapi dan dilaksanakan oleh seluruh Petugas kami, agar situasi tetap aman dan kondusif di Rutan Pinrang," pungkasnya.




Penguatan ini diikuti oleh Kepala Rutan, para Pejabat Struktural, Komandan Jaga, Staff dan Regu Pengamanan Rutan Kelas IIB Pinrang yang juga dihadiri oleh Kasubbid Pembinaan, Teknologi dan Informasi, Rusdi, S.H., M.H. dan JFT Madya Pembina Keamanan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Abdul Rahman Tampa.

Darman/red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama