Kirab Grebeg Apem Sambut Ramadhan 1445 H Dimulai Dari Gedung DPRD Jombang hingga Alun-alun.



Kirab Grebeg Apem Sambut Ramadhan 1445 H Dimulai Dari Gedung DPRD Jombang hingga Alun-alun.

JOMBANG,Anekafakta.com


Pemerintah Kabupaten Jombang melalui dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menyelenggarakan Kirab Grebeg Apem dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H pada Jumat ( 8/3/2024) .

 Sugiat, S.Sos. M.Psi. T. Pj. Bupati Jombang hadir di tengah- tengah masyarakat melaksanakan Kirab Grebeg Apem yang diawali dari depan Gedung DPRD Jombang dan berakhir di Alun- alun. 


Beberapa gunungan Apem tampak berjejer saat Kirab, terdiri dari 1 (satu) apem besar yang ditempatkan di Alon-alon Jombang; 16 (enam belas) tumpeng apem dari gabungan dari beberapa OPD, Bank Jombang, PDAM, Bank Jatim, dan juga AFCO.

 Peserta yang turut hadir  yaitu  pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang,  BUMD, 9 (sembilan) Sekolah Islam dengan jumlah 2.500 (dua ribu lima ratus siswa) dan juga 8 (delapan) lembaga zakat Kabupaten Jombang.Kirab Grebeg Apem.






Beberapa siswa dari berbagai sekolah antara lain , SD dan SMP Islam Roushon Fikr, SD dan SMP Islam Terpadu Al-Ummah, SD dan SMP Islam Terpadu Ar-Ruhul Jadid, SD Ar-Rahmah, SD Islam Al-Madinah, dan juga SMP Islam Brawijaya.

Sementara untuk Lembaga Zakat antara lain: Baznas, Laziz NU, Lembaga Amal Zakat Umul Quro, Al-Izza Peduli, Yatim Mandiri, BMH, dan Roushon Fikr Peduli.

Sugiat, S.Sos. M.Psi. T. Pj. Bupati dalam sambutannya "Grebeg Apem mini juga merupakan pembuka dari serangkaian acara ramadan yang diadakan di Masjid Agung Baitul Mu'minin termasuk di dalamnya Gema Shalawat dan Festival Kuliner Ramadan serta kegiatan Syiar Dakwah Islam lainnya."

"Festival Kuliner Ramadhan merupakan acara tahunan yang akan diselenggarakan untuk memanfaatkan momen menjelang berbuka puasa, sehingga memudahkan masyarakat untuk mencari ta'jil dan makanan untuk berbuka puasa.


Acara ini juga sekaligus dapat memberikan kesempatan untuk penjual makanan minuman, UMKM, dan sebagainya untuk meningkatkan perputaran perekonomiannya," tambahnya. Festival Kuliner Ramadhan ini akan dimulai pada 1 Ramadhan 1445 H atau 11 Maret 2024 dimulai dari pukul 15:00-21:00 WIB.

Untuk peserta atau UMKM yang telah teridentifikasi terlibat dalam acara ini sebanyak 25 (dua puluh lima) UMKM binaan BAZNAS JOMBANG yang akan berjualan di halaman parkir di depan gedung Islamic Center dan 50 (lima puluh) pelaku usaha binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang akan membuka lapaknya di Jl. Arif Rahman Hakim atau sebelah Barat Masjid Jami' Jombang.

 
Acara Grebeg Apem ini dibuka oleh Pj. Bupati dan didampingi oleh Waka Polres Jombang KOMPOL Hari Kurniawan yang ditandai dengan pemukulan gong dan dilanjutkan dengan pembagian apem dari gunungan apem utama dan diikuti apem kecil dari dinas OPD.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama