Peringati HBP ke-60, Lapas Makassar Terima Tiga Penghargaan Dari Ditjen Pemasyarakatan



Peringati HBP ke-60, Lapas Makassar Terima Tiga Penghargaan Dari Ditjen Pemasyarakatan

Makassar,Anekafakta.com

Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 turut diperingati oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar dengan ikut melaksanakan upacara bersama di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Makassar, Sabtu (27/4).

Upacara yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak, diikuti oleh seluruh Kepala Divisi, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, pejabat struktural, seluruh pegawai, dan Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Dalam kesempatan ini, Liberti Sitinjak sebagai inspektur upacara menyampaikan amanat dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly. Yang menegaskan bahwa insan Pemasyarakatan harus memiliki integritas dan dapat bekerja dengan prestasi yang tinggi.

"Tetaplah menjadi insan Pemasyarakatan yang senantiasa berkinerja tinggi, menjaga integritas dan berbudaya anti korupsi, serta menyumbang berbagai prestasi seraya menghindarkan diri dari perilaku kurang terpuji. Umur Pemasyarakatan yang telah mencapai 60 tahun bukan merupakan waktu yang singkat. Perjalanan panjang yang telah dilewati menjadi landasan untuk mempersiapkan langkah-langkah dalam menghadapi perkembangan dinamika pidana di Indonesia" ungkapnya.

Untuk itu, peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI ke-60 dengan tema 'Pemasyarakatan PASTI Berdampak' bukanlah kegiatan seremonial belaka, melainkan bentuk komitmen untuk menjawab berbagai tantangan kedepan.

Teguh Pamuji mengatakan bahwa Pemasyarakatan memiliki peran yang sentral dalam upaya pembinaan dan penjaminan hak warga binaan. "Pemasyarakatan harus memastikan kehadirannya sebagai bagian subsistem peradilan pidana yang mengawal dari tahap pra-ajudikasi, ajudikasi, sampai dengan pasca ajudikasi, serta menjamin hak-hak warga binaan mendapatkan sesuai peraturan UU No 22 Tahun 2022.

Pada momen HBP ke 60 ini Lapas Kelas I Makassar berhasil mendapatkan tiga penghargaan dari nominasi prestasi yakni Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Terbaik, Petugas Pemasyarakatan Berprestasi, Pemenang Inmates Got Talent, pemenang MTQ, dan Pemenang Dakwah yang telah meraih prestasi dalam bentuk penghargaan.diberikan langsung oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel.

1. Kepala Lapas Kelas I Makassar mendapatkan penghargaan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Terbaik Lapas Kelas I Makassar.
2. Mashuri Alwi, Kabid Pembinaan Lapas Kelas I Makassar, mendapat penghargaan Pelopor Pembangunan Zona Integritas Berpredikat Wilayah Bebas Dari Korupsi Rutan Kelas IIB Barru
3. Supardi Sebagai Peringkat Pertama Petugas Pemasyarakatan Berprestasi Kategori Wali Teroris Lapas Kelas I Makassar.

"Alhamdulillah Sebagai insan Pemasyarakatan momen peringatan HBP ke-60 ini harus menjadi semangat kerja untuk kita semua menjadi lebih baik dan tambah baik lagi kedepannya, saya mengajak teman-teman Lapas Makassar untuk tetap bekerja keras dan tetap menjaga prestasinya sebaik mungkin dan selalu menjadi insan yang berintegritas" ucapnya."

Darman /Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama