Gladi Posko Bencana Alam Digelar di GOR Sekda Saefullah Rorotan

Gladi Posko Bencana Alam Digelar di GOR Sekda Saefullah Rorotan


Gladi posko penanggulangan bencana alam dengan simulasi penanganan masyarakat  yang terkena banjir,di Gelanggang Olah Raga(GOR)sekda saefullaah,jalan kampung sungai Kendal,kelurahan Rorotan,kecamatan Cilincing Jakarta Utara,Kamis(18-11-2021).

Kegiatan simulasi penanganan masyarakat korban banjir.selanjutnya TNI dan Polri serta unsur terkait langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi masyarakat korban banjir dengan menggunakan perahu karet dan dibawa ke tempat pengungsian yang lebih aman.

Gladi Posko merupakan metode latihan taktis yang bertujuan untuk memelihara  dan meningkatkan prosedur hubungan pimpinan dan staf dalam merencanakan,mempersiapkan dan melaksanakan oprasi bencana alam,pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Sebagai kegiatan pelaksanaan mengenai musibah di wilayah di jalankan sesuai SOP yang merupakan kumpulan peraturan yang di buat untuk mempermudah tugas yang di kerjakan.

Selanjutnya membuat satuan lebih siap dan bisa menganalisa serta mencarikan jalan terbaik dalam mengatasi suatu permasalahan di lapangan.

Untuk warga yang terpapar Covid-19 dibawa oleh unsur terkait dengan menggunakan alat pelindung diri(APD) dengan lengkap,menggunakan satu perahu karet ketempat yang lebih aman.selanjutnya dibawa dengan menggunakan mobil ambulan ke tempat penampungan yang telah di sediakan.

Seluruh warga sebelum memasuki tempat pengungsian di lakukan pengecekan kesehatan dan suhu badan oleh tim medis.

Kegiatan Gladi posko penanggulangan bencana alam di GOR sekda saefullah di pimpim oleh Bapak camat cilincing M,Andri.juga dihadiri oleh Dandim 0205 Jakarta Utara,Kolonel Inf Reonald sumendap,Plt Asisten pemerintahan Wawan Budi Rohman.
Kasiops Sudin Damkar Jakarta Utara,Abdul wahid,Kabag Logistik Polres Jakarta Utara ,Kompol Anggiat sinambela.

Unsur pimpinan lainnya turut hadir,yakni Wakapolsek Cilincing ,AKP Haryanto,SH.Danramil Cilincing,Mayor Javi Dwi joko p, Kasubagdal Ops Polres Jakarta utara,AKP Nurali ,Kasatgas Pol PP kecamatan Cilincing ,Adrian polma.
Para Lurah sekecamatan Cilincing dan RW 003 Kelurahan Rorotan.

Polsek cilincing Pimpinan Kompol R,Manurung SH,menurunkan anggotanya sebanyak 10 orang,Koramil Cilincing 10 orang,Sudin sosial/Tagana Jakut 20 orang,sudinhub Jakut 8 orang,Sudin binamarga 7 orang,Sudin Damkar 10 orang,PMI Jakut 3 orang.

PPSU Kelurahan Rorotan 15 orang,FKDM 7 orang,Sudin tata air 11 orang,Sudin lingkungan hidup 13 orang,Sudin Pertamanan 2 orang,Puskesmas Cilincing 5 orang dan Sudin kominfotik 10 orang.

Sarana dan prasarana yang di gunakan dalam simulasi satu unit Posko,yakni posko  kesehatan,pengungsian,sosial,siaga dan posko dukungan logistik serta dapur umum.Mobil dan sepeda serta Mobil patroli TNI dan perahu karet ,mobil ambulance.
Mobil Tanki air bersih,mobil toilet,mobil dapur umum,truk sampah,mobil Damkar,mobil patroli satpol PP dan Dishub,mobil derek/alat berat,tenda pengungsi Covid-19 dan non Covid-19,mobil genset dan mobil truk serbaguna".

(Antony/Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama