Kapolres Klungkung Pimpin kegiatan Upacara HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-42 Dengan Tema “Sinergitas Satpam Dan Polri Peduli Untuk Sesama”

Kapolres Klungkung Pimpin kegiatan Upacara HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-42 Dengan Tema "Sinergitas Satpam Dan Polri Peduli Untuk Sesama"


Polda Bali-Polres Klungkung

Bertempat di Halaman Mapolres Klungkung telah berlangsung kegiatan Upacara HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-42 yang mengusung tema "Sinergitas Satpam Dan Polri Peduli Untuk Sesama", Senin,  (30/1/2023).
 
Upacara HUT Satpam tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta,S.I.K.,S.H.,  yang diikuti oleh Wakapolres Klungkung Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan,S.T.,M.M., serta Para Pejabat Utama, Kapolsek Jajaran Polres Klungkung serta di Ikuti oleh Personel Polres Klungkung, Satpam ( Satuan Pengaman ) Linmas dan Pecalang

Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta,S.I.K.,S.H., membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita dapat mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-42 Satuan Pengamanan Tahun 2022 dengan tema "Sinergisitas Satpam dan Polri, Peduli untuk Sesama".

Upacara ini merupakan puncak peringatan HUT ke-42 Satpam dimana sebelumnya telah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan seperti tabur bunga, pemutaran film edukasi penyalahgunaan Narkoba di bioskop seluruh Indonesia, lomba gerak jalan, bhakti sosial dan berbagai kegiatan lainnya.

Selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-42 kepada seluruh personel Satuan Pengamanan (Satpam) di manapun bertugas. Semoga Satpam dapat semakin profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Sebelum memulai sambutan, marilah kita menundukkan kepala sejenak untuk mengenang dan mendoakan Bapak Kapolri ke-8, sekaligus Bapak Satpam Indonesia, Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A., yang telah berjasa besar dalam membentuk dan membesarkan Satpam sampai dengan saat ini. Teriring doa semoga Almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Kata Kapolres Klungkung

Hadirin dan peserta upacara yang saya hormati,Terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat dalam terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia. Polri menyadari bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri. Sumber daya Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi. Untuk itu, potensi  masyarakat  harus  dikembangkan  sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa.

Kehadiran Satpam sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang berbunyi    "Pengemban    fungsi    kepolisian    adalahKepolisian  Negara  Republik  Indonesia  yang  dibantu oleh bentuk-bentuk pengamanan swakarsa".

Sebagai bentuk pemuliaan profesi Satpam, Polri telah mengeluarkan Perpol No. 1 Tahun 2023 tentang perubahan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang menjadi landasan hukum profesi Satpam. Perpol tersebut juga mengatur tentang perubahan seragam Satpam. Perubahan ini selain sebagai bentuk modernisasi Satpam, juga dimaksudkan agar tidak menyebabkan kebingungan masyarakat terhadap Polri dan Satpam saat bertugas di lapangan.

Dalam rangka mendukung tugas Polri untuk menciptakan situasi yang kondusif, Satpam dituntut untuk semakin profesional dan mampu memberikan kontribusi nyata di lingkungan tugasnya masing- masing.

Menyadari hal tersebut, peningkatan peran dan pembinaan Satpam sebagai pengamanan swakarsa menjadi salah satu kegiatan dalam program Transformasi Menuju Polri yang presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional Program ke-5 dan Kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran pengamanan swakarsa melalui peran aktif pam swakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pam swakarsa.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama