SMP Putra Satria Melakukan Ujian Praktek Bagi Peserta Didik Kelas 9 Tahun 2024



SMP Putra Satria Melakukan Ujian Praktek Bagi Peserta Didik Kelas 9 Tahun 2024

Jakarta,Anekafakta.com

"Ujian Praktek kali ini adalah penilaian terakhir peserta didik untuk mendapatkan hasil terbaik selama melakukan kegiatan belajar mengajar selama 3 tahun dan alhamdulilah berjalan lancar," ungkap Soni Sugiarto selaku Pendidik Mata Pelajaran PJOK belum lama ini disela kegiatan Ujian Praktek Kelas 9 SMP Putra Satria Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. 





Dijelaskannya bahwa persiapan materi ujian praktek untuk peserta didik ini diberikan sudah jauh-jauh hari dan peserta didik ketika pelajaran praktek PJOK telah melakukan streching untuk ujian, jadi pelaksanaan ujian praktek mereka merasa yakin dan tidak gerogi.
"Sedangkan materi yang diberikan pada ujian praktek mapel PJOK adalah senam poco-poco, drible bola basket, lay up bola basket dan under ring bola basket, passing bola voli," jelasnya.
Ditegaskannya bahwa peserta didik yang mengikuti ujian praktek ini adalah peserta didik kelas 9 dan berjumlah 56 peserta didik dalam waktu satu hari, tapi kegiatan ujian praktek ini sampai hari Jumat dari berbagai mapel.


"Harapanya adalah supaya peserta didik semangat dalam berolahraga dan tidak terlibat aksi tawuran serta penyalahgunaan narkoba. Semoga peserta didik semua menjadi orang yang berguna bagi orang tua dan negara," tegasnya.
Dikesempatan yang sama Ust. Abid Fauzi selaku pendidik mapel Agama Islam menuturkan bahwa ujia praktek telah berlangsung hari ini dengan materinya yang sudah di share sebelumnya via wali-wali kelas masing-masing, agar supaya di share ke grup peserta didik kelas 9. 






"Bahan materinya adalah tata cara wudhu, membaca niat dan membaca doa sesudahnya, membaca qu'ran dan hafalan surat-surat pendek, tata cara mempraktekkan sholat jamak dan qoshor saat musafir, tambahannya hafalan doa-doa harian," tuturnya.
Menurutnya bahwa berhubung durasinya pendek, kita ambil separuhnya dan jika ada 4 item cukup 2 saja. Contohnya bacaan doa harian cukup banyak dan ambil yang penting-penting saja, misalnya doa sebelum makan dan sesudahnya. Doa bacaan zikir sesudah sholat kan panjang, cukup kita baca tasbih 33x, takbir 33x, tahmid 33x.


"Dan hampir semua peserta didik turut serta kecuali peserta didik non muslim. Semoga dengan adanya ujian praktek ini peserta didik bisa antusias mengamalkan ajaran agama," tandasnya.
Senada dengan itu, Mr. Misbah pendidik mapel Bahasa Inggris menambahkan bahwa dalam ujian praktek mapel Bahasa Inggris kali ini dipilih salah satu materi belajar yang memang harus dipraktekkan, yaitu Procedure Text. Siswa dipersiapkan untuk praktek langsung cara membuat sesuatu dengan urutan urutan yang benar, mulai dari bahan-bahan sampai dengan alat yang digunakan peserta didik dipersilahkan memilih sub materinya.
"Kebanyakan peserta didik memilih cara membuat secangkir kopi (How to make a cup of hot coffee) dan dipraktekkan di depan kelas dengan materi sesungguhnya. Alhamdulillah mereka bisa dan kegiatan berjalan lancar dan sukses," imbuhnya.

Azis/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama