Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke 60 di Rutan Kelas IIB Barru



Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke 60 di Rutan Kelas IIB Barru

Barru,Anekafakta.com

Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) adalah sebuah peristiwa bersejarah yang diperingati di seluruh Indonesia. Momentum ini merupakan pengingat akan lahirnya sistem Pemasyarakatan di Indonesia pada tanggal 5 Juli 1963.

Istilah Pemasyarakatan pertama kali diperkenalkan melalui pidato yang disampaikan oleh Bapak Sahardjo, SH dalam acara penganugerahan gelar Doctor Honoris Causa oleh Universitas Indonesia. Dalam pidatonya yang terkenal dengan judul "Pohon Beringin Pengayoman".

Bapak Sahardjo, SH menggarisbawahi pentingnya pembangunan sistem yang bertujuan untuk memberikan perlindungan, pembinaan, dan pengawasan terhadap narapidana. Konsep pembalasan dan penjeraan dalam sistem kepenjaraan pada masa lalu dipandang sebagai bentuk warisan kolonial yang tidak selaras lagi dengan semangat dan jati diri bangsa Indonesia.

Setiap tahun, peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan diadakan sebagai bentuk penghormatan terhadap sejarah pemasyarakatan di Indonesia. Tema peringatan tahun ini adalah "Pemasyarakatan Pasti Berdampak", menyoroti pentingnya peran sistem pemasyarakatan dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat. 

Upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan pada tahun ini juga dilaksanakan di Rutan Kelas IIB Barru, Sabtu (27/4). Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Rutan Kelas IIB Barru.

Mengutip amanat dari Mentri Hukum dan HAM Yasona Laoly, Syafaruddin sebagai inspektur upacara menekankan pentingnya komitmen untuk menjawab tantangan kedepan. 

"Peringatan HBP bukanlah seremonial semata, tetapi ini adalah bentuk komitmen untuk menjawab tantangan kedepan selaras dengan arah dan tujuan undang-undang No 22 tahun 2022 tentang pemasyarakatan dan Undang-undang No 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang - undang Hukum Pidana" ujarnya 

Sambutan ditutup dengan mengucapkan Selamat Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60, semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan dalam setiap langkah kita.

Darman /Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama